Agar Tak Salah Pilih Dokter Spesialis Kanker ketika Berobat ke Penang

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang terjadi karena tumbuhnya sel-sel abnormal di bagian tubuh tertentu. Kebanyakan kasus kanker terjadi karena disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Sebagai contoh, untuk kasus kanker paru-paru, penyebab umum dari penyakit ini adalah kebiasaan buruk penderitanya yang suka merokok atau untuk kasus kanker serviks, penyebab utamanya adalah seringnya berhubungan intim dengan orang yang berbeda-beda (gonta-ganti pasangan seksual). Apabila kanker masih stadium awal, kemungkinan untuk sembuh masih cukup besar tapi jika sudah di stadium akhir, kemungkinan untuk sehat akan menjadi sangat kecil. Maka dari itu, penderita kanker disarankan untuk segera berobat sedini mungkin agar bisa mendapatkan kembali kesehatannya.

Anyway, apakah Anda seorang penderita kanker? Jika iya, apakah Anda sudah berobat? Jika belum dan sekarang Anda ingin segera mendapatkan perawatan medis yang baik, disarankan untuk berobat ke Penang karena di sana ada banyak dokter spesialis kanker berpengalaman dan profesional. Jika Anda tertarik untuk berobat kesana, pastikan untuk tak salah pilih dokter dengan mengikuti tips di bawah ini:

Cari tahu daftar Dokter spesialis kanker di Penang

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari list dokter spesialis kanker di Penang. Caranya? Anda bisa mengunjungi situs resmi rumah sakit yang memiliki klinik unggulan untuk penyakit kanker dan mencari tahu siapa saja dokter spesialis kanker yang bekerja di tempat tersebut. Memang butuh waktu untuk mendapatkan informasi ini tapi hal ini layak untuk dilakukan agar tak salah dalam menjatuhkan pilihan. Seandainya kesulitan untuk mencari tahu daftar dokter ini, silahkan baca berbagai informasi dari berbagai blogger yang pernah berobat ke Penang, khususnya untuk penyakit kanker agar bisa tahu dengan dokter siapa mereka berobat dan dokter mana saja yang mereka rekomendasikan.

Pastikan dokter yang dipilih bekerja di rumah sakit terpercaya

Hal yang tak kalah penting lainnya yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa dokter yang dipilih memang benar-benar bekerja di rumah sakit terpercaya. Jangan sampai Anda mengalami tindak penipuan di mana dokter yang dipilih ternyata tidak bekerja di rumah sakit, melainkan membuka praktek ilegal. Ini bisa membahayakan keselamatan jiwa Anda nantinya. Guna menghindari hal ini, disarankan kembali untuk membaca informasi seputar dokter spesialis kanker di Penang di berbagai situs terpercaya. Di sini, Anda dianjurkan untuk mengunjungi BKP.com yang menyediakan informasi lengkap dan terupdate mengenai rumah sakit dan dokter di Penang. Sebagai contoh, untuk mendapatkan informasi mengenai dokter Urologi Penang, bisa dicek di sini.

Temukan testimoni pasien dan informasi mengenai track record dan pengalaman dokter yang hendak dipilih

Selain melakukan kedua hal di atas, Anda juga di sarankan untuk menemukan testimoni pasien dan informasi mengenai rekam jejak dan pengalaman dokter yang hendak dipilih. Hal ini berguna untuk mengetahui seberapa bagus kualitas dan keprofesionalan dokter yang bersangkutan. Ingat untuk tidak langsung percaya hanya pada satu testimoni saja. Sebaiknya bandingkan beberapa testimoni agar tak salah dalam menarik kesimpulan. Selain itu, pastikan pula bahwa testimoni yang dibuat benar-benar bisa dipercaya, bukan dari orang yang tidak bertanggung jawab atau robot.

Dengan melakukan ketiga hal di atas, diharapkan Anda bisa menemukan dokter spesialis kanker yang tepat dan terpercaya sehingga Anda bisa mendapatkan perawatan dan layanan yang maksimal selama berobat.

Kesalahan yang Harus Dihindari setelah Operasi

Paska operasi, dokter menganjurkan para pasien mereka untuk mendengarkan saran dan mengerjakan apa yang dia sarankan. Hal tersebut sangat penting sekali untuk membuat pasien cepat sembuh dan bisa kembali beraktivitas seperti biasanya. Sayangnya, beberapa pasien tidak mau mendengarkan apa yang diminta oleh dokter sehingga mereka pun melakukan tindakan-tindakan yang terbilang konyol yang membuat kondisi kesehatan mereka kembali drop dan harus dirawat dalam waktu yang lama di rumah sakit. Btw, jika Anda baru saja dioperasi dan melewati masa kritis, patut kiranya untuk bersyukur kepada sang pencipta karena masih diberikan kesempatan untuk terus hidup. Lalu, sangat dianjurkan untuk mendengarkan dan menjalankan apa yang diminta dokter, jangan keras kepala dan melakukan kesalahan seperti disebutkan di bawah ini jika tak ingin terus terbaring di rumah sakit:

Banyak bergerak

Apabila operasi yang dilakukan adalah operasi kecil di bagian jari tangan atau kaki, melakukan gerakan yang tidak memberikan tekanan pada bagian yang dioperasi tidak akan menjadi masalah serius. Namun, jika baru selesai melakukan operasi besar, seperti operasi syaraf terjepit, kanker otak, usus buntu, dan lain sebagainya, banyak bergerak sangat tidak disarankan apapun alasannya. Pasien setidaknya harus beristirahat total selama dua minggu lebih sampai luka bekas operasi dan rasa sakit benar-benar hilang. Apabila mereka memaksa untuk banyak melakukan gerakan, ada banyak hal buruk yang kemungkinan besar bisa terjadi. Pertama, bekas jahitan bisa saja lepas dan luka kembali robek. Kedua, pasien bisa saja mengalami pendarahan. Ketiga, proses penyembuhan paska operasi akan berjalan lama. Untuk itu, jika dokter mengatakan tidak boleh banyak bergerak walaupun itu hanya menoleh ke kiri atau kanan, sebaiknya dilakukan guna mempercepat proses penyembuhan.

Malas makan dan minum obat

Nafsu makan memang akan menurun drastis ketika sedang sakit, apalagi setelah dioperasi. Meskipun demikian, ini bukan berarti bahwa pasien harus malas makan. Asupan gizi dan nutrisi mereka harus tercukupi setiap harinya, setidaknya setengahnya guna penyembuhan paska operasi. Sayangnya, sebagian besar pasien malas makan entah karena merasa tidak enak atau karena memikirkan hal lainnya. Jika Anda juga demikian, sebaiknya stop melakukan hal tersebut. Jika Anda merasa tidak nafsu makan, beli makanan favorit atau yang diinginkan. Pastikan pula untuk makan nasi walaupun hanya beberapa suap saja dalam sehari. Dengan demikian, kondisi tubuh akan kian membaik setiap harinya.

Setelah pulang ke rumah dan tidak diinfus lagi, pasien juga diharapkan untuk rajin minum obat yang sudah diberikan dokter. Ini adalah suatu keharusan guna memulihkan kondisi tubuh dan menyembuhkan luka operasi. Masalahnya adalah sejumlah pasien tidak mau melakukan hal ini karena mereka merasa malas atau sungkan jika harus minum obat lagi. Jika Anda sama seperti mereka, jangan egois, pikirkan keluarga Anda yang sudah rela menjaga dan merawat Anda selama sakit. Jika Anda tak kunjung sembuh, mereka yang akan repot dan Anda tidak bisa melakukan rutinitas seperti biasanya. Oleh karena itu, minum obat secara teratur dan sesuai aturan pakai.

Suka marah-marah

Kebanyakan pasien suka berbicara tidak jelas, berhalusinasi, atau bahkan marah-marah paska operasi. Mereka punya banyak keinginan dan tidak mau mendengarkan keluarga mereka. Ujung-ujungnya mereka akan marah-marah karena keinginan mereka tidak terpenuhi. Kebanyakan pasien yang melakukan hal ini adalah pasien yang sudah lansia. Seperti yang kebanyakan orang bilang bahwa ketika umur sudah lanjut usia, prilakunya seperti anak kecil yang ingin banyak mendapatkan perhatian dan ingin orang-orang di sekitar mereka menuruti apa yang diinginkan. Jika tidak, mereka akan marah-marah dan menggerutu. Padahal marah-marah dapat meningkatkan kadar stres dan beban pikiran. Alhasil, kondisi kesehatan akan sulit membaik.

Menangani Flek Hitam pada Wajah dengan Cara Berikut

Flek hitam memang tidak seperti jerawat yang menimbulkan rasa perih & nyeri, tapi tetap saja keberadaannya pada wajah harus sesegera mungkin ditangani. Flek hitam membuat penampilan wajah terlihat kusam. Menggunakan makeup tebal mungkin hanya penanganan flek hitam untuk sementara waktu. Sebab, flek hitam akan kembali terlihat manakala makeup tebal tidak dipakai. Berikut ini cara menangani flek hitam pada wajah untuk hasil yang lebih lama:

Pakai mentimun

Mentimun dikenal sebagai sayuran yang dapat mengatasi tekanan darah tinggi, penyakit silent killer karena tidak menunjukkan gejala signifikan kecuali sudah akut. Hal ini lantaran di dalam mentimun terdapat serat yang menurunkan kolesterol sebagai pemicu hipertensi, kalium yang dapat mempertahankan kadar sodium dalam tubuh, dsb. Dalam dunia kecantikan, mentimun juga memberikan peran penting yakni mengatasi flek hitam pada wajah. Pengaplikasiannya sendiri yakni menghaluskan mentimun dengan diparut atau diblender. Mentimun yang telah halus kemudian dijadikan masker setelah wajah dibersihkan. Setelah didiamkan selama lebih kurang 20 menit, wajah bisa dibersihkan dengan menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini selama 3 kali semiggu.

Gunakan ampas teh

Teh, minuman yang akrab bagi semua kalangan dan usia. Tidak hanya meningkatkan energy, tetapi juga minum teh dapat membuat diri lebih tenang, fokus, sekaligus bisa mengatasi rasa kantuk. Anda termasuk orang yang suka minum teh? Btw, ampas tehnya jangan dibuang karena dapat digunakan untuk merawat kecantikan wajah. Jika Anda memiliki flek hitam di wajah, ampas teh bisa diaplikasikan. Balurkan ampas teh yang sebelumnya telah diseduh pada seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit, baru dibilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, ulangi sebanyak 3 kali seminggu.

Dengan beras

Beras bukan hanya makanan pokok untuk menambah energy melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi flek hitam pada wajah. Kandungan di dalam beras digadang-gadang dapat membantu proses pengelupasan kulit sehingga kulit jadi lebih bersih dan putih. Caranya? Rendam beberapa genggam beras hingga teksturnya jadi lebih lunak, lalu tumbuk hingga halus. Selanjutnya, gunakan beras yang telah halus sebagai masker. Diamkan selama lebih kurang 15 menit sebelum dibersihkan. Lakukan perawatan ini rutin minimal 3 kali seminggu.

Lakukan chemical peeling

Berbeda dengan cara yang sebelumnya, penanganan flek hitam yang selanjutnya lebih modern yakni melakukan chemical peeling. Apa itu chemical peeling? Ini merupakan perawatan wajah dengan teknik pengelupasan kulit menggunakan produk yang mengandung butiran halus. Hanya saja, perawatan ini pantang dilakukan ketika memiliki jerawat yang masih meradang pada wajah karena ditakutkan akan memperparah kondisinya. Setelah melakukan perawatan ini, Anda tidak boleh terpapar sinar matahari langsung, menggunakan makeup, menggaruk/menggosok kulit, dsb.

Tidak ada asap kalau tidak ada api, segala yang terjadi pasti ada sebabnya termasuk kemunculan flek hitam. Sebetulnya, flek hitam sendiri ditimbulkan karena paparan sinar matahari yang terlampau sering. Makanya, ketika hendak keluar rumah terutama di atas jam 10, pakai tabir surya atau pelembab wajah. Penyebab lainnya adalah penggunaan kosmetik yang salah. Untuk menghindari masalah kecantikan termasuk flek hitam, pastikan kosmetik yang bakal digunakan memiliki kandungan bahan yang aman serta telah memiliki izin legal dari BPOM.

Penyebab Sesak Nafas dan Cara Menanggulanginya

Jangan pernah berpikir bahwa sesak nafas hanyalah gangguan kesehatan sepele. Mengapa? Jika hal ini terjadi dan tidak ada penanganan yang tepat, penderita bisa saja meninggal dunia. Jika sudah seperti itu, penyesalan yang akan terjadi. Untuk itu, jika Anda sering mengalami gangguan pernafasan ini, ada baiknya untuk tahu apa penyebabnya dan cara menanggulanginya agar bisa terbebas dari penyakit ini. Untuk membantu Anda menemukan informasi seputar kedua hal tersebut, silahkan baca penjelasannya berikut:

Penyebab

Banyak orang berpikir bahwa penyebab sesak nafas itu adalah asma. Hal ini sebenarnya tidak begitu sepenuhnya benar karena ada banyak penyebab lain dari penyakit ini. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menemui dokter sesegera mungkin agar dokter bisa mengecek apa sebenarnya penyebab gangguan pernafasan yang Anda derita. Secara umum, ada banyak sekali penyebab penyakit ini, seperti: penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK), keracunan karbonmonoksida, patah tulang rusuk, anemia, asma, alergi, pilek, sinusitis, tuberculosis, obesitas, paru-paru basah (pneumonia), pilek, serangan jantung, gagal jantung, dan aritmia jantung. Karena banyaknya kemungkinan yang bisa saja terjadi, itulah mengapa bahwa Anda disarankan untuk menemui dokter agar mendapatkan hasil analisa yang jelas. Perlu diketahui bahwa dengan mengetahui penyebab pasti dari gangguan pernafasan ini, Anda bisa mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Cara menanggulangi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa jika penyebab dari sesak nafas yang diderita sudah diketahui, Anda bisa dengan mudah mencari tahu cara menanggulanginya. Ya, cara mengatasi penyakit ini memang berbeda-beda sesuai dengan apa yang menjadi penyebab utamanya. Untuk itu, berbagai cara penanggulangi sesak nafas akan dijabarkan di bawah ini:

  • Menjauhi hal-hal yang dapat memicu sesak nafas. Ini adalah cara yang paling gampang untuk mengatasi penyakit ini jika disebabkan oleh asma dan alergi. Pada umumnya, Anda hanya perlu menjauhi debu, asap rokok, bulu hewan peliharaan, polusi udara, serbuk sari, kutu, dan tungau. Bagi Anda yang suka berkendara, gunakan masker agar Anda tidak terpengaruh dengan mudah oleh debu, asap rokok, serbuk sari, dan polusi udara. Lalu, disarankan untuk menjaga kebersihan rumah agar terbebas dari debu, kutu, bulu hewan peliharaan, dan tungau.
  • Mengkonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter, baik itu obat yang ditelan atau dihirup. Jika Anda menderita alergi dan juga sinusitis, disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter. Cara ini sangat mujarab untuk meringankan sesak nafas.
  • Menjalani program diet. Cara ini perlu dilakukan untuk penderita obesitas. Kelebihan berat badan akan membuat penderitanya sering sekali mengalami sesak nafas. Apalagi setelah mereka melakukan banyak gerakan. Oleh sebab itu, menurunkan berat badan dengan menjalani program diet akan membuat penyakit ini bisa dicegah secara maksimal.
  • Berhenti merokok. Merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat mendatangkan banyak penyakit, seperti halnya penyakit jantung dan paru-paru. Tak heran apabila sudah terkena penyakit ini, penderita akan kesulitan bernafas di saat-saat tertentu. Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi dan bahkan berhenti merokok.
  • Menjalani perawatan medis di rumah sakit. Jika sesak nafas disebabkan oleh penyakit serius yang ada di dalam tubuh, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis. Sesak nafas yang diderita akan terus menerus terjadi selama penyakit serius tersebut tidak diobati. Untuk itu, perlu perawatan medis untuk menyembuhkan penyakit serius itu sehingga Anda bisa terbebas dari sesak nafas.