Gunakan Bahan-bahan Ini untuk Mengatasi kulit Wajah kering

Kulit wajah kering sebenarnya masalah umum yang terjadi tapi membuat tampilan menjadi tidak menarik. Memiliki kulit wajah kering, dapat menimbulkan masalah baru karena membuat kulit terasa kasar. Yang menyebabkan kulit wajah kering ada banyak seperti penggunaan sabun yang tidak cocok, sering mencuci muka dengan air panas atau dingin, kurang mengkonsumsi air, dan lain sebagainya. Untuk Anda yang telah memiliki masalah satu ini jangan khawatir untuk mengatasinya. Banyak bahan-bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi kulit wajah kering seperti minyak zaitun, pisang, buah alpukat, dan gel lidah buaya. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dari bahan-bahan yang ada, berikut ini.

Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang memiliki banyak manfaat salah satunya untuk mengatasi kulit wajah kering. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E didalamnya. Caranya  yaitu, ambil minyak zaitun secukupnya, tambahkan dengan kuning telur yang telah dikocok terlebih dahulu dan tambahan sedikit perasan jeruk lemon, lalu aduk sampai rata. Setelah rata barulah minyak zaitun tadi dioleskan pada bagian kulit wajah. Tunggukan kurang lebih 15 menit dan setelah itu baru dibilas dengan air bersih sampai bersih. Jika tidak, Anda bisa langsung menggunakan minyak zaitun tanpa harus menambah bahan lainnya.

Buah alpukat

Alpukat termasuk buah-buahan yang sering digunakan untuk membuat jus karena kandungan vitamin di dalam buah satu ini sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Manfaat buah alpukat sebagai bahan alami kecantikan adalah mengatasi kulit wajah kering. Cukup mudah menggunakan bahan satu ini, Anda tinggal mengambil daging buah alpukat secukupnya lalu dibelender hingga halus. Setelah halus, ambil buah tadi dan oleskan ke wajah secara rata agar kulit wajah menjadi lembab. Masker alpukat yang ditempelkan tadi biarkan terlebih dahulu lebih kurang 20 menit agar meresap pada kulit wajah. Setelah meresap dan 20 menit barulah dibilas dengan air bersih. Ingat, sebelum Anda menggunakan masker alpukat ini sebaiknya wajah dibersihkan terlebih dahulu agar saat dioles masker ini tidak ada debu.

Gel lidah buaya

Gel lidah buaya merupakan tumbuhan yang dikenal sebagai bahan untuk membuat rambut hitam dan lebat. Namun, dibalik itu semua siapa yang menyangka bahwa tumbuhan satu ini berkhasiat untuk mengatasi kulit wajah berminyak. Kandungan mineral alami yang cukup lengkap pada tumbuhan ini dapat mengatasi kulit kering dengan cepat. Cara menggunakan tanaman ini yaitu ambil tanaman lidah buaya yang masih segar dan ambil gelnya. Setelah gelnya didapatkan oleskan pada wajah hingga rata. Biarkan kulit wajah menjadi kencang lebih kurang 15 menit. Setelah itu, baru dibilas menggunakan air bersih.

Pisang

Untuk membuat kulit wajah kering Anda menjadi lembab, bahan terakhir yang dapat digunakan adalah pisang. Bahan-bahan yang digunakan selain pisang, Anda bisa tambahkan yougurt atau juga minyak zaitun. Haluskan buah pisang 1 atau 2 buah, setelah halus campuran salah satu bahan lainnya atau Anda pilih yogurt atau juga minyak zaitun dan diaduk sampai rata.  Setelah itu, baru oleskan pada bagian wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan terlebih dahulu. Diamkan lebih kurang 20 menit baru dibersihkan. Lakukan cara ini dengan rajin agar kulit wajah Anda jadi lembab.

Selain menggunakan bahan-bahan di atas untuk mengatasi kulit kering, Anda juga harus banyak mengkonsumsi air. Ini dikarenakan salah satu penyebab yang membuat kulit wajah menjadi kering bisa dikarenakan kurang mengkonsumsi air sehingga kurang cairan.

Menangani Flek Hitam pada Wajah dengan Cara Berikut

Flek hitam memang tidak seperti jerawat yang menimbulkan rasa perih & nyeri, tapi tetap saja keberadaannya pada wajah harus sesegera mungkin ditangani. Flek hitam membuat penampilan wajah terlihat kusam. Menggunakan makeup tebal mungkin hanya penanganan flek hitam untuk sementara waktu. Sebab, flek hitam akan kembali terlihat manakala makeup tebal tidak dipakai. Berikut ini cara menangani flek hitam pada wajah untuk hasil yang lebih lama:

Pakai mentimun

Mentimun dikenal sebagai sayuran yang dapat mengatasi tekanan darah tinggi, penyakit silent killer karena tidak menunjukkan gejala signifikan kecuali sudah akut. Hal ini lantaran di dalam mentimun terdapat serat yang menurunkan kolesterol sebagai pemicu hipertensi, kalium yang dapat mempertahankan kadar sodium dalam tubuh, dsb. Dalam dunia kecantikan, mentimun juga memberikan peran penting yakni mengatasi flek hitam pada wajah. Pengaplikasiannya sendiri yakni menghaluskan mentimun dengan diparut atau diblender. Mentimun yang telah halus kemudian dijadikan masker setelah wajah dibersihkan. Setelah didiamkan selama lebih kurang 20 menit, wajah bisa dibersihkan dengan menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini selama 3 kali semiggu.

Gunakan ampas teh

Teh, minuman yang akrab bagi semua kalangan dan usia. Tidak hanya meningkatkan energy, tetapi juga minum teh dapat membuat diri lebih tenang, fokus, sekaligus bisa mengatasi rasa kantuk. Anda termasuk orang yang suka minum teh? Btw, ampas tehnya jangan dibuang karena dapat digunakan untuk merawat kecantikan wajah. Jika Anda memiliki flek hitam di wajah, ampas teh bisa diaplikasikan. Balurkan ampas teh yang sebelumnya telah diseduh pada seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit, baru dibilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, ulangi sebanyak 3 kali seminggu.

Dengan beras

Beras bukan hanya makanan pokok untuk menambah energy melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi flek hitam pada wajah. Kandungan di dalam beras digadang-gadang dapat membantu proses pengelupasan kulit sehingga kulit jadi lebih bersih dan putih. Caranya? Rendam beberapa genggam beras hingga teksturnya jadi lebih lunak, lalu tumbuk hingga halus. Selanjutnya, gunakan beras yang telah halus sebagai masker. Diamkan selama lebih kurang 15 menit sebelum dibersihkan. Lakukan perawatan ini rutin minimal 3 kali seminggu.

Lakukan chemical peeling

Berbeda dengan cara yang sebelumnya, penanganan flek hitam yang selanjutnya lebih modern yakni melakukan chemical peeling. Apa itu chemical peeling? Ini merupakan perawatan wajah dengan teknik pengelupasan kulit menggunakan produk yang mengandung butiran halus. Hanya saja, perawatan ini pantang dilakukan ketika memiliki jerawat yang masih meradang pada wajah karena ditakutkan akan memperparah kondisinya. Setelah melakukan perawatan ini, Anda tidak boleh terpapar sinar matahari langsung, menggunakan makeup, menggaruk/menggosok kulit, dsb.

Tidak ada asap kalau tidak ada api, segala yang terjadi pasti ada sebabnya termasuk kemunculan flek hitam. Sebetulnya, flek hitam sendiri ditimbulkan karena paparan sinar matahari yang terlampau sering. Makanya, ketika hendak keluar rumah terutama di atas jam 10, pakai tabir surya atau pelembab wajah. Penyebab lainnya adalah penggunaan kosmetik yang salah. Untuk menghindari masalah kecantikan termasuk flek hitam, pastikan kosmetik yang bakal digunakan memiliki kandungan bahan yang aman serta telah memiliki izin legal dari BPOM.