Penyebab Sesak Nafas dan Cara Menanggulanginya

Jangan pernah berpikir bahwa sesak nafas hanyalah gangguan kesehatan sepele. Mengapa? Jika hal ini terjadi dan tidak ada penanganan yang tepat, penderita bisa saja meninggal dunia. Jika sudah seperti itu, penyesalan yang akan terjadi. Untuk itu, jika Anda sering mengalami gangguan pernafasan ini, ada baiknya untuk tahu apa penyebabnya dan cara menanggulanginya agar bisa terbebas dari penyakit ini. Untuk membantu Anda menemukan informasi seputar kedua hal tersebut, silahkan baca penjelasannya berikut:

Penyebab

Banyak orang berpikir bahwa penyebab sesak nafas itu adalah asma. Hal ini sebenarnya tidak begitu sepenuhnya benar karena ada banyak penyebab lain dari penyakit ini. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menemui dokter sesegera mungkin agar dokter bisa mengecek apa sebenarnya penyebab gangguan pernafasan yang Anda derita. Secara umum, ada banyak sekali penyebab penyakit ini, seperti: penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK), keracunan karbonmonoksida, patah tulang rusuk, anemia, asma, alergi, pilek, sinusitis, tuberculosis, obesitas, paru-paru basah (pneumonia), pilek, serangan jantung, gagal jantung, dan aritmia jantung. Karena banyaknya kemungkinan yang bisa saja terjadi, itulah mengapa bahwa Anda disarankan untuk menemui dokter agar mendapatkan hasil analisa yang jelas. Perlu diketahui bahwa dengan mengetahui penyebab pasti dari gangguan pernafasan ini, Anda bisa mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Cara menanggulangi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa jika penyebab dari sesak nafas yang diderita sudah diketahui, Anda bisa dengan mudah mencari tahu cara menanggulanginya. Ya, cara mengatasi penyakit ini memang berbeda-beda sesuai dengan apa yang menjadi penyebab utamanya. Untuk itu, berbagai cara penanggulangi sesak nafas akan dijabarkan di bawah ini:

  • Menjauhi hal-hal yang dapat memicu sesak nafas. Ini adalah cara yang paling gampang untuk mengatasi penyakit ini jika disebabkan oleh asma dan alergi. Pada umumnya, Anda hanya perlu menjauhi debu, asap rokok, bulu hewan peliharaan, polusi udara, serbuk sari, kutu, dan tungau. Bagi Anda yang suka berkendara, gunakan masker agar Anda tidak terpengaruh dengan mudah oleh debu, asap rokok, serbuk sari, dan polusi udara. Lalu, disarankan untuk menjaga kebersihan rumah agar terbebas dari debu, kutu, bulu hewan peliharaan, dan tungau.
  • Mengkonsumsi obat-obatan yang dianjurkan dokter, baik itu obat yang ditelan atau dihirup. Jika Anda menderita alergi dan juga sinusitis, disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter. Cara ini sangat mujarab untuk meringankan sesak nafas.
  • Menjalani program diet. Cara ini perlu dilakukan untuk penderita obesitas. Kelebihan berat badan akan membuat penderitanya sering sekali mengalami sesak nafas. Apalagi setelah mereka melakukan banyak gerakan. Oleh sebab itu, menurunkan berat badan dengan menjalani program diet akan membuat penyakit ini bisa dicegah secara maksimal.
  • Berhenti merokok. Merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat mendatangkan banyak penyakit, seperti halnya penyakit jantung dan paru-paru. Tak heran apabila sudah terkena penyakit ini, penderita akan kesulitan bernafas di saat-saat tertentu. Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengurangi dan bahkan berhenti merokok.
  • Menjalani perawatan medis di rumah sakit. Jika sesak nafas disebabkan oleh penyakit serius yang ada di dalam tubuh, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis. Sesak nafas yang diderita akan terus menerus terjadi selama penyakit serius tersebut tidak diobati. Untuk itu, perlu perawatan medis untuk menyembuhkan penyakit serius itu sehingga Anda bisa terbebas dari sesak nafas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *